Kebiasaan Buruk yang Harus Kamu Hindari saat Merantau

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari saat Merantau

 Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari saat Merantau

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari saat Merantau - elementofdetale. Menjadi anak rantau saat kuliah menjadi tantangan tersendiri dibandingkan tinggal serumah dengan orang tua. Homesick dapat dirasakan oleh anak rantau saat pertama kali tinggal di daerah lain. Beberapa penyesuaian dilakukan dan kebiasaan baru timbul saat tinggal sendiri, jauh dari orang tua. Namun, tak jarang  malah kebiasaan buruk yang timbul dibandingkan dengan kebiasaan baik. Inilah daftar kebiasaan buruk yang harus dihindari saat merantau. Yuk, simak dan cegah sebelum itu terjadi!

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari saat Merantau

Beberapa anak rantau berisiko membentuk kebiasaan buruk ini, apa saja kebiasaan tersebut, berikut ulasan lengkapnya.

1. Boros

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari saat Merantau

Merantau mengharuskan kita untuk melakukan apa saja sendiri. Mulai dari membeli kebutuhan sehari-hari seperti pewangi pakaian, detergen, alat mandi, dan cemilan-cemilan yang biasanya dibeli berbarengan dengan kebutuhan keluarga namun sekarang harus dikeluarkan dari kantong sendiri. Dulu bisa membeli pakaian dan skincare, dan tak mengharuskan makan mie instan saat akhir bulan tiba karena masih bisa makan di rumah orang tua. Namun, berbeda dengan sekarang, perencanaan keuangan yang tidak baik, belanja berlebihan, salah-salah menghabiskan uang bulanan sebelum waktunya. Oleh karena itu, penting untuk menyisihkan setidaknya 10% dari uang bulanan sebagai dana darurat dan melakukan perencanaan keuangan yang baik.  

2. Sering makan junk-food dan jarang makan buah serta sayuran

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari saat Merantau

Tak sempat memasak sendiri dan jadwal kuliah padat mendorong mahasiswa rantau untuk membeli makanan siap saji dan cepat antar. Terkadang makanan pilihan adalah junk-food yang kurang serat dan zat gizi lainnya. Padahal, memilih makanan yang baik untuk tubuh adalah sebuah bentuk pencegahan sakit yang paling efektif di usia muda. Biasakan meminta ekstra sayur dan memilih menu yang diolah dengan sedikit minyak. Apalagi di zaman sekarang makanan populer kalau tidak penuh cabe ya penuh keju. 

3. Malas berolahraga

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari saat Merantau

Mager dan suka rebahan adalah hobi milenial zaman sekarang. Hal tersebut tidak 100% salah, namun, jika dalam seminggu kita tak pernah menyempatkan berolahraga 30 menit saja, apakah kita tidak menyianyiakan waktu yang berharga? Banyak contoh olahraga yang bisa dilakukan di dalam kos yang tak mengharuskan anda keluar rumah. Berolahraga semakin mudah dilakukan dengan kehadiran internet saat ini. Jadi, sempatkan waktumu untuk berolahraga, ya!

4. Suka minuman manis dan kurang minum air putih

Kebiasaan Buruk yang Harus Dihindari saat Merantau

Siapa yang tak suka minuman manis? Minuman manis bisa menjadi teman saat mengerjakan tugas, bertemu kawan, dan menonton drama. Minuman manis ini bisa dijumpai dalam setiap jenis minuman, dari kopi, teh, soda, dan bahkan susu. Yang bisa dilakukan untuk mengurangi jumlah gula yang dikonsumsi adalah dengan meminta mengurangi jumlah gula ketika membeli minuman favorit kamu. Cek juga label makanan di minuman kemasan yang kamu beli, ingat, minuman dengan gula lebih dari 25 g di setiap kemasan tidak baik karena sehari anjuran asupan gula tambahan kita adalah 50 g.

Merantau terkadang mengharuskan kita untuk melewatkan momen-momen seperti ulang tahun keluarga dan teman. Tak perlu risau, karena kamu bisa membeli hadiah melalui Toko Bunga Jakarta Prestisa yang bisa dikirimkan ke kampung halaman. Tentunya keluarga dan temanmu akan merasa senang mendapatkan hadiah dari orang tersayang meski jarak memisahkan.

Comments