Kegiatan Positif yang Bisa Dilakukan Fresh-graduate Untuk Mendongkrak CV!

Kegiatan Positif untuk Fresh-graduate

Kegiatan Positif untuk Fresh-graduate

Kegiatan Positif untuk Fresh-graduate - elementofdetale. Mencari kerja adalah suatu tahap lanjutan untuk para fresh-graduate yang sudah menyandang gelar sarjana. Dalam proses pencarian kerja ini, para sarjana yang baru lulus harus bersaing dengan orang lain yang sudah berpengalaman dan ahli di bidangnya. Seringkali CV para fresh-graduate "kurang menjual" dan gagal bersaing untuk mendapatkan pekerjaan. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan fresh-graduate untuk mendongkrak CV-nya, dan tips ini lebih baik dilakukan sebelum resmi diwisuda. 

Kegiatan Positif untuk Fresh-graduate

Ada beberapa kegiatan positif yang bisa dilakukan oleh Fresh-graduate untuk mendongkrak CV. Apa saja kegiatan tersebut, yuk simak ulasan di bawah ini!

1. Menjadi Volunteer atau Relawan 

Kegiatan Positif untuk Fresh-graduate

Meluangkan waktu untuk berbagi dengan orang lain dan melakukan kegiatan sosial sebagai relawan adalah hal positif yang bisa dilakukan oleh fresh-graduate pada waktu senggangnya. Tidak hanya kegiatan ini menjadi aksi sosial yang bermanfaat orang lain, fresh-graduate juga mendapatkan pengalaman tak ternilai harganya jika bergabung menjadi relawan. Menjadi relawan meningkatkan soft-skill, memperluas networking, serta menambah wawasan yang berbeda dari bangku kuliah. Kamu dapat mengakses situs dan akun media sosial di bawah ini untuk mendapatkan informasi jika ingin menjadi relawan.
Kamu juga bisa mengakses laman LSM atau NGO untuk kesempatan menjadi relawan dan menambah pengalaman di waktu luang setelah lulus kuliah. Pengalaman dan kesempatan belajar adalah hal yang tak ternilai harganya, bukan?

2. Ikut Seminar atau Workshop

Kegiatan Positif untuk Fresh-graduate

Ketrampilan seperti berbicara di depan audiens, pengolahan data maupun gambar menggunakan peranti lunak perlu di asah setelah lulus kuliah. Mencari kerja itu berat, terlebih lagi dunia kerja, Dilan mungkin tak kuat. Maka dari itulah, ikut pelatihan-pelatihan perlu dilakukan untuk mengasah kemampuan. Microsoft office memang sering digunakan, tapi sejauh mana kita mengenal rumus seperti v-lookup dan rumus lainnya? Mengedit foto untuk diunggah di Instagram memang sering dilakukan, tapi sejauh mana kita bisa menggunakan Adobe Photoshop, Corel Draw, dan peranti lunak lainnya secara lancar? Ikut pelatihan merupakan bentuk investasi diri untuk fresh-graduate supaya dalam dunia kerja, tidak perlu lagi kekuatiran jika ditunjuk sebagai presentator projek, mengolah data perusahaan, dan mendesain poster untuk promosi kegiatan.

3. Belajar Bahasa Asing

Kegiatan Positif untuk Fresh-graduate

Perusahaan-perusahaan sering mengharuskan pelamar kerja menyertakan nilai skor TOEFL atau TOEIC dan mempunyai kualifikasi dapat berbicara bahkan menulis Bahasa Inggris secara lancar. Terlebih lagi, jika perusahaan tersebut berasal dari Negara Jepang ataupun China, memiliki kemampuan berbahasa Inggris saja tidak cukup, kan? Dapat berbahasa Jepang, Mandarin ataupun bahasa lainnya selain Bahasa Inggris merupakan nilai lebih yang bisa kamu tawarkan kepada perusahaan dan bisa menjadi pertimbangan kamu diterima sebagai karyawan. Belajar bahasa asing ini bisa dilakukan melalui aplikasi-aplikasi yang sudah bisa di akses dengan mudah melalui gawai. Seperti Duolingo, yang menyediakan berbagai bahasa seperti Spanyol, Perancis, bahkan Bahasa Korea untuk dipelajari. Kelemahan belajar melalui aplikasi online adalah tidak adanya sertifikat yang bisa dilampirkan saat melamar kerja, namun hasil capaian kamu bisa ditampilkan di LinkedIn, situs jejaring sosial yang digunakan untuk berinteraksi secara profesional. 

4. Menambah Pengalaman melalui Pekerjaan Magang, Part-time atau Freelance

Kegiatan Positif untuk Fresh-graduate

Magang, Part-time atau menjadi freelance dapat menambah pengalaman dan pundi-pundi uang sebelum masuk ke dunia kerja. Magang menjadi lebih bermakna jika dilakukan di perusahaan impian kamu. Jika kamu bingung bagaimana mendapatkan kesempatan magang, part-time, ataupun kerja paruh waktu ini, ada beberapa situs dan akun yang bisa dikunjungi untuk mendapatkan informasi tersebut, seperti:
  • Akun Instagram Magang_ID sering membagikan informasi terkait magang dan kerja paruh waktu
  • Sribulancer
Kunjungi artikel lainnya di bawah ini agar kamu juga dapat memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan positif lainnya:
Wisuda merupakan pesta pelepasan status mahasiswa menjadi seorang sarjana. Fase setelah lulus kuliah mungkin berbeda dibanding saat kuliah dulu. Tak apa jika menenangkan diri sejenak setelah perjuangan mendapatkan gelar sarjana. Merencanakan impian, apa yang akan dicapai 5 ataupun 10 tahun kemudian, mengenali kelemahan dan kelebihan diri sendiri dapat dilakukan sebelum merencanakan langkah apa yang akan diambil setelah lulus kuliah. Menjadi pekerja lepas atau content creator menjadi pekerjaan idaman selain PNS karena tidak terpaku dengan jadwal kerja dan bisa dilakukan di rumah, meski jelas-jelas, rintangan dan halangannya berbeda dibanding menjadi karyawan di sebuah perusahaan ataupun pemerintah. Selamat menikmati perjalananmu! Jangan lupa bagikan artikel ini untuk temanmu yang mau wisuda dan akan menyandang gelar sarjana segera. Berikan hadiah untuk temanmu yang wisuda di Toko Bunga Jakarta Prestisa! Kamu bisa memesan bouquet bunga, bunga papan, dan bunga setangkai sebagai hadiah telah menyandang status baru. Tak perlu bingung mencari hadiah di akhir pekan, Toko Bunga Jakarta Prestisa dapat dipesan kapanpun dan dimanapun.

Comments